Follow Us @soratemplates

Sunday, April 8, 2018

Resep Cara Membuat Dadar Gulung Lembut + Empuk

Dadar gulung sering kita jumpai di toko kue tradisional, kita juga kerap munjumpai kue dadar gulung sebagai isi snack pada acara acara tertentu seperti rapat, seminar, resepsi, pengajian, dan lain sebagainya. Dadar gulung merupakan salah satu jajanan tradisional yang bahan kulitnya seperti serabi tetapi tipis seperti telur dadar yang tengahnya diberi kelapa parut dicampur gula jawa kemudian digunlung oleh karena itu disebutnya dadar gulung. Pada umumnya kulit dadar gulung berwarna hijau, dan isinya kelapa coklat karena dicampur dengan gula jawa. Namun seiring dengan perkembangan jaman, sekarang dadar gulung sudah banyak yang memmodifikasi, ada yang kulitnya berwarna pink, kuning, dan sebagainya. Isinya pun ada juga yang menggunakan kelapa dengan gula pasir, sehingga kelapanya sudak tidak berwarna coklat lagi melainkan putih.
Dadar gulung banyak disukai oleh anak anak hingga dewasa, karena rasanya yang gurih dan manis. Dadar gulung juga mempunyai tekstur rasa yang empuk sehingga mampu memanjakan lidah.
Bagi Anda yang ingin membeli dadar gulung cukup mudah, biasanya tersedia di toko-toko kue bahkan di pasar tradisional pun juga banyak yang menjual dadar gulung. Harga dadar gulung cukup terjangkau, pada umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 3.000 tergantung besar kecilnya ukuran atau bisa juga tergantung isinya. Karena sekarang banyak yang memodifikasi dadar gulung seperti dadar gulung isi keju, tentu harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan dadar gulung biasa yang isinya kelapa sama gula jawa.
Nah bagi Anda yang penasaran cara membuat dadar gulung, kami akan berbagi resep tentang cara membuat dadar gulung, khususnya dadar gulung original yaitu isi kelapa dan gula jawa. Selanjutnya Anda bisa memodifikasi warna kulit maupun isinya sesuai dengan selera Anda.
Lalu bagaimana cara membuat dadar gulung dan apa saja bahan bahannya, langsung saja kita simak yang berikut ini.

Bahan Kulit Dadar Gulung:

  • 250 gram tepung terigu, gunakan tepung terigu kualitas terbaik agar menghasilkan kulit dadar gulung yang halus dan lembut
  • 1 sendok makan tepung kanji
  • 60 ml air perasan dari daun suji
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 300 ml santan kental, biasanya dihasilkan dari 1/2 buah kelapa ukuran sedang
  • 3 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Isi Dadar Gulung:
  • 300 gram kelapa setengah tua, parut
  • 100 gram gula merah atau gula jawa, iris halus
  • 1 lembar daun pandan, potong kecil kecil
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 50 ml air

Cara Membuat Dadar Gulung:
  1. Campurkan parutan kelapa dengan gula jawa, garam, dan daun pandan, kemudian masak hingga agak kering. Angkat lalu sisihkan
  2. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, telur, pasta pandan, dan garam, aduk hingga benar benar rata
  3. Tuangkan santan dan air perasan daun suji pada adonan sedikit demi sedikit
  4. Olesi wajan dengan minyak kemudian panaskan, tuangkankan sedikit adonan ke wajan yang sudah panas untuk membuat 1 kulit dadar gulung. Tunggu hingga matanag dan menipis. Gunakan api kecil saja
  5. Angkat kulit dadar gulung, beri isian kelapa yang sudah diolah pada langkah ke-1, gulung dengan rapi kulit dadar gulung hingga menutupi isinya.
  6. Lakukan langkah ke-4 dan ke-5 hingga semua adonan habis.
Dadar gulung siap untuk disajikan. Setelah dadar gulung sudah dingin, Anda bisa membungkusnya dengan plastik bening seperti yang sering kita jumpai di pasaran.
Anda juga bisa memodifikasi dadar gulung baik kulit maupun isinya sesuai dengan selera Anda.
Demikian langkah langkah resep dan cara membuat dadar gulung, selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan. Jangan lupa simak juga resep resep lainnya ya..